Tujuan pembelajaran merupakan hal yang akan siswa dapatkan setelah mengalami perlakuan. penentuan tujuan pembelajaran harus disesuakan dengan
INDIKATOR yang sudah dibuat sebelumnya.
dalam pembuatan tujuan pembelajaran yang baik, sebelum menuliskan ketercapaian siswa hendaknya dituliskan juga perlakukan yang diberikan pada siswa. perlakukan ini harus sesuai dengan
MODEL,
METODE atau
MEDIA PEMBELAJARAN yang digunakan guru.
Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut:
Indikator
Kognitif
Menjelaskan konsep dalil pythagoras berdasarkan buku
Psikomotor
a. Menentukan dalil pythagoras untuk sisi-sisi segitiga
b. Menggunakan dalil pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga
Afektif
a. Berkarakter
Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi: jujur, bekerja sama,
mendengarkan pendapat, dan bertanggung jawab
b. Sosial
Melakukan komunkasi, meliputi: bertanya, berpendapat, dan
menjawab pertanyaan
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
Dengan membaca buku siswa dapat Menjelaskan konsep dalil pythagoras
Psikomotor
a. Melalui Lembar Kerja Kelompok sisiwa dapat Menentukan dalil pythagoras
untuk sisi-sisi segitiga
b. Dengan mengerjakan Lembar Kerja Siswa Individu siswa dapat Menggunakan
dalil pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga
Afektif
a. Berkarakter
Melalaui diskusi kelompok sisiwa dapat Mengembangkan perilaku berkarakter,
meliputi: jujur, bekerja sama,
mendengarkan pendapat, dan bertanggung jawab
b. Sosial
melalui diskusi dan tanya jawab di kelas siswa dapat Melakukan komunkasi,
meliputi: bertanya, berpendapat, dan
menjawab pertanyaan