logo blog
Selamat Datang Di Blog AD School
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog AD School,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

INDIKATOR


Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.
Menurut Depag indikator adalah wujud dari kompetensi dasar yang lebih spesifik. Sedangkan menurut E Mulyasa indikator merupakan penjabaran dari kompetensi dasar yang menunjukkan tanda-tanda perbuatan dan respon yang dilakukan atau ditampilkan oleh peserta didik. Indicator juga dikembangkan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan potensi daerah dan peserta didik dan juga dirumuskan dalam rapat kerja operasional yang dapat diukur dan diobservasi sehingga dapat digunakan sebagai dasar dalam penyusunan alat penilaian.
Sedangkan menurut Darwin Syah indikator pembelajaran adalah karakteristik, cirri-ciri, tanda-tanda perbuatan atau respon yang dilakuakan oleh siswa, untuk menunjukkan bahwa siswa telah memiliki kompetensi dasar tertentu.
Jadi indikator adalah merupakan kompetensi dasar secara spesifisik yang dapat dijadikan untuk menilai ketercapaian hasil pembelajaran dan juga dijadikan tolak ukur sejauh mana penguasaan siswa terhadap suatu pokok bahasan atau mata pelajaran tertentu.
Indikator juga bisa dikatan sebagai hal yang akan dicapai siswa setelah melakaukan KEGIATAN PEMBELAJARAN


Perhatikan contoh berikut:

KD
     5.1 Menggunaan teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku

Indikator
        Kognitif
               Menjelaskan konsep dalil pythagoras berdasarkan buku
        Psikomotor
               a. Menentukan dalil pythagoras untuk sisi-sisi segitiga
               b. Menggunakan dalil pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga 
        Afektif
               a. Berkarakter
                   Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi: jujur, bekerja sama,
                   mendengarkan pendapat, dan bertanggung jawab
               b. Sosial
                    Melakukan komunkasi, meliputi: bertanya, berpendapat, dan
                    menjawab pertanyaan
Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. AD School - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger