logo blog
Selamat Datang Di Blog AD School
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog AD School,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

KKM


Kita pasti tidak asing lagi dengan kata KKM. Ya, disetiap pelajaran selalu memiliki KKM. Tapi anehnya masih banyak guru yang sembarangan dalam menentukan KKM pada mata pelajaran yang diampunya. Jika kalian menemukan nilai KKM yang terlalu bulat, seperti 70, 75, 80 dan seterusnya, kalian harus WASPADA. Bisa jadi itu asal-asalan dalam menentukannya. Sebenanya nilai KKM bisa saja memakai nilai yang tidak bulat seperti diatas, seperti 71, 73 dan seterusnya, bahkan bisa juga desimal, seperti 73,5; 74, 4 dan seterusnya.
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) merupakan hal wajib yang harus ditentukan seorang guru sebelum melakukan pembelajaran, karena dengan KKM inilah nanti nya yang akan digunakan guru sebagai pedoman untuk menentukan lulus tidak nya siswa dalam belajar. KKM yang ditentukan sejak awal akan mempermudah guru dalam menentukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran. Untuk menentukan KKM, guru harus tahu:
1.      Kompleksitas, Show all
2.      Daya Dukung, Show all
3.      Intake, Show all
Selain ketiga hal tersebut guru juga harus sudah membuat SILABUS karena nantinya guru harus tahu tiap-tiap SK, KD dan Indikator dari setiap MaPel (Mata Pelajaran)
Bagi guru yang masih bingung, jangan hawatir karena sudah saya sediakan contoh peentukan KKM untuk para guru MATEMATIKA. Untuk mendownload format penentuan KKM, klik link dibawah ini
DOWNLOAD


Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. AD School - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger